Saturday, December 31, 2011

How to Become Creative Team

Tips Hemat di dunia Digi Scrap


Teman : “Nad, tiap hari kok bisa posting scrapbook di FB pake kit yang beda-beda, belanja kit melulu ya? Kaya banget sih lo...”
Aku : “Nggak kok. Aku malah jarang banget belanja sejak jadi CT.”

Teman : “Siti? Siti Fatimah apa Siti Mariam? Makhluk apaan tuh?”
Aku : “Hahaha... CT itu Creative Team. CT dibutuhkan sama desainer kit untuk membuat sampel layout. Jadi pas produk teranyarnya diluncurkan di toko, si desainer menampilkan layout hasil karya CT-nya juga. So, calon pembeli jadi punya gambaran contoh layout yang bisa dihasilkan dari kit tersebut. Gitu lho...”

Teman : ”Terus, kita dapat kit dia gratis maksudnya?”
Nadia : “Heeh. Kaya simbiosis mutualisma, semua pihak untung. Sebagai imbalan dari kit yang CT terima, CT membuat layout untuk desainer, meng-uploadnya di galeri dan posting informasi kit tersebut di forum digi-scrap.”

Teman : “Asyiknya! Tapi kayanya layout kita harus keren dulu ya baru bisa diterima jadi CT? Buat para pemula mana bisa jadi CT, ntar malah mau-maluin lagi...
Nadia : “Nggak juga tuh. Aku baru mulai belajar digi-scrap bulan Agustus karena ikutan “Tantangan 30 Hari”-nya Klub Oase di Facebook. Terus September latihan ngulik layout. Bulan Oktober, daftar forum Ginger Scraps dan mulai aktif nyobain tantangan dan upload layout di galerinya sambil nekat ngelamar jadi CT. Eh, diterima... Awal November udah jadi Guest CT Marie H Designs (salah satu desainer di Ginger Scrap) dan Permanent CT toko Wilma4Ever (multi desainer).”

Teman : ”Emang bisa yang ngedobel CT untuk banyak desainer?”
Nadia : ”Ya, sesuai dengan kesanggupan kita aja. Ada tuh CT yang desainnya sampai selusin... Buset, gimana tuh ya manajemen waktunya?”

Teman : ”Kayaknya seru juga ya jadi CT. Caranya gimana sih?”
Nadia : ”Simak deh tips di bawah ini.”

1. Jadilah member toko digi-scrap yang berkulitas dan rajinlah upload layout ke galerinya. Galeri adalah modal utama kita untuk melamar jadi CT. Walaupun kita nggak punya blog tapi kalau galeri kita berkualitas, pasti desainer bakal melirik deh! Toko biasanya suka ngasih welcome kit buat member barunya. Coba deh cek di forumnya, pasti banyak info yang bisa didapat di situ. Nah, bisa kita pakai buat layout perdana kan? Contoh toko yang aku suka datangi adalah :
a. Ginger Scraps
b. Scrappity-Doo-Dah
c. Wilma4ever (yang terakhir ini lagi cari CT buat store-nya, you can try your luck here :)

2. Mulailah blogging di Blogger dan upload hasil karya kita di sana juga. Blog bukan syarat mutlak untuk jadi CT, lho! Banyak juga CT yang nggak punya blog tapi tetap eksis.

3. Daftar jadi member di DST dan mulai aktif pasang mata di forumnya. Siapa tahu ada desainer atau toko yang posting CT Call. Ada 3 jenis Call : One Kit Call (OKC), Guest CT dan Permanent CT. OKC terbatas hanya untuk satu kit saja, jadi kita nggak terikat sama desainer yang bersangkutan... frelance gitulah! Guest CT biasanya hanya dikontrak sekitar 2-3 bulan kalau lagi peak season. Permanent CT, ya setara dengan full time worker yang kontraknya tidak ada jangka waktunya. Oh iya, untuk CT toko, kita bekerja untuk desainer-desainer toko tersebut, jadi kit yang kita dapat juga lebih beragam tapi kewajibannya juga lebih berat dari CT desainer tunggal. Contohnya, harus aktif di forum toko tersebut, harus ikut menyelenggarakan challenge, dll.

4. Sebelum mengirim email untuk melamar jadi CT, pastikan baca dulu deskripsi kerjanya. Nggak semua desainer punya ketentuan yang sama. Standarnya sih :
- posting 1 layout per 1 produk, minimal 3 layout per bulan
- upload layout di galeri toko tersebut dan Open Gallery lain (biasanya DST dan DSA)
- enabling ( = posting info kit) di forum digi scrap umum (biasanya DST dan DSA)
- posting di blog, facebook, tweeter, dll... marketing biasalah!
- aktif di forum seperti posting komentar, bersedia menjadi chalenge host, dll.

5. Jangan lupa mencantumkan informasi penting seperti yang aku kutip dari FAQ di DST ini:
- if you are interested/available for permanent or guest position
- if you have a time limitation (like "only after September", or something like that)
- if you have a particular preference to CT for a single designer or for a store
- if you have a preference for a particular style of scrapping
- a link to your gallery if it is not at DST
- what graphic program you are using (since some stores/designers have some software specific products they might a CT to use)
- any other information you might feel would help a designer/store owner pick you as a good match for their need.

And since you might be contacted by designers/store owners, make sure you check your PM regularly (you might want to make sure you are getting email notification for PMs so you dont miss them). And remember that as much as scrappers like to receive an answer from designers/stores they apply to, designers/store owners would greatly appreciate a reply from you if they contact you.

At one point, if you are no longer available, make sure you make a clear indication that you cannot commit anymore. That way, you will not be invited or contacted multiple of times once you cannot add any more team or requirements to your schedule. This will be most beneficial for you (so you dont get requests you cannot consider) and for designers/store owners who might end up inviting someone who is not available.

Ini adalah contoh email yang aku kirim :

CT APPLICATION EMAIL

Hi... My name is Nadia. I’m from Indonesia. I’m a mom of 3 kids and a part-time English teacher. I love reading, photography and of course digi-scrapping. I’ve been digi-scrapping for the past one year and my preference style is fantasy and pop-style with extraction and blending technique. I use Photoshop CS 5 to design all my pages.

I love to be in your team because I just adore your kits and being your CT would be such an honour to me. I’d prefer to fill the GUEST CT position first for about 3 months. That way if you’re not happy with my work, you can always release me without fuss ...:) But of course if you’re satisfied with my service, I’d be happy to fill in for more permanent position.

Blog : http://nadiascraps.blogspot.com
Facebook : http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=1317159255
My galleries :
1. GS : http://gallery.gingerscraps.net/showgallery.php?ppuser=13467&username=swastinadia
2. DST : http://www.digishoptalk.com/gallery/showgallery.php?ppuser=62715

Current CT position :
1. Marie H Designs (at Ginger Scraps)
2. Wilma4ever store
3. Melie Designs (at Digital-Crea)
4. PictureDesigns (at Scrappity-Doo-Dah)

Thank you for the chance to join your team.
Swasti Nadia

Ehm, apalagi ya... oh iya, kalau masih ragu juga, bisa lihat link ini :
http://www.designsbymeganturnidge.com/blog/?p=66
http://www.sirscrapalot.com/2011/07/conquering-the-fear-of-applying-for-a-creative-team/

Good luck

No comments:

Post a Comment