Sunday, January 15, 2012

How to Join Challenges

Ikut digi-scrap challenge yang diselenggarakan forum seperti Ginger Scraps, Scrappity Doo-Dah, Scrapbook-Bytes itu seru lho! Selain untuk menerapkan teknik yang sudah kita dapat, menambah kenalan sesama digi-scrapper seluruh duni, sampai berkesempatan mendapatkan kupon kit gratis! Asyik kan... Jangan khawatir kalau kamu ngerasa masih pemula dan belum pe-de dengan layout kamu. Justru dengan ikutan challenge, wawasan kamu bakal bertambah dan otomatis teknik kamu juga ikutan meningkat. Gimana, tertarik nggak? Mau ikutan challenge tapi nggak tahu caranya gimana? Ini ada panduannya.

Contoh challenge yang aku berikan panduannya ini di forum Ginger Scraps. Kamu harus register dulu untuk bisa ikutan. Registernya gampang kok, tinggal ikuti link Register ini. Setelah kamu mengisi data diri dan mendapat email konfirmasi maka kamu bisa langsung log in ke forum dan cari bagian challenge lalu pilih jenis challenge yang mau kamu ikuti. Sedikit saran, klik dulu Cookie Jar untuk mengetahui aturan main di forum ini. Baca thread New Reward biar lebih jelas.


Kita kita buka thread challenge yang akan kita ikuti dan ikuti semua instruksinya. Di sini contohnya, aku mau ikut Ginger Scraps Inspiration Challenge Januari 2012 :

Setelah kita selesai mengerjakan layout untuk challenge, maka kita harus meng-uploadnya di gallery yang sesuai dengan Challenge yang kita kita ikuti. Klik gallery di Ginger Scrap header. Bila kamu sudah log ini di forum, maka secara otomatis username kamu akan muncul di sisi kanan atas. Lalu klik Upload Photo.


Untuk gallery Ginger Scraps, perhatikan layout kamu maksimum berukuran 600x600 pixel dan ukurannya di bawah 250kb. Setiap gallery punya batas ukuran file yang berbeda-beda, jadi cek dulu aturannya sebelum meng-upload.


  • Pilih kategori challenge yang akan kamu ikuti. Contoh : Inspiration Challenge.
  • Pilih foto yang akan diupload dari komputer kamu dengan meng-klik Choose File.
  • Ketik judul layout kamu. Contoh : New Year Resolutions
  • Ketik deskripsi layout kamu seperti nama kit, font yang digunakan. Bila kamu ingin menampilkan link kit yang kamu gunakan, formatnya seperti ini : Kit : [url=linkKit] Nama Kit[/url] by Nama Desainer. Contoh : Kit : [url=http://store.gingerscraps.net/Capturing-Memories.html]Capturing Memories[/url] by Marie H Designs. Pastikan gallery tempat kamu meng-upload layout membolehkan kamu untuk menampilkan link tersebut, sebab ada gallery tertutup yang hanya membolehkan anggotanya me-link produk tokonya saja.
  • Ketik kata kunci untuk menggambarkan layout kamu. Contoh : resolution, memory.
  • Tekan Upload/Submit.

Halaman selanjutnya akan menampilkan layout yang telah kamu upload beserta data lainnya. Pastikan semua informasi yang kamu masukkan benar. Tekan Submit. Voila, layout kamu berada di gallery!

Klik image layout kamu di gallery, dan kamu akan masuk ke halaman di bawah ini. Klik kanan mouse kamu dan pilih Copy image URL. Link image inilah yang akan kamu posting di thread challenge yang pertama kali kamu buka.


Sekarang, kembalilah ke halaman challenge dan klik Reply to Thread.

Klik icon pohon dan tekan Ctrl V untuk paste link image kamu. Klik OK.

Lalu sertakan juga link halaman layout kamu di gallery, bukan link image ya! Caranya klik gambar bola dunia biru terus paste link halaman yang sudah kamu copy sebelumnya. Lihat bedanyanya : link image vs link halaman. Jangan keliru ya! Lalu klik Submit Reply.


Langkah terakhir adalah meng-copy link challenge kamu ke thread Challenge Tracker Thread supaya poin challenge kamu bisa tercatat. Caranya : klik kanan nomor posting kamu di kanan atas (contoh : #10) lalu klik kanan dan pilih Copy link address.


Buka thread Challenge Tracker Thread, cari post kamu dan edit. Paste link yang sudah kamu copy tadi di challenge yang bersangkutan. Di sini aku sudah mengerjakan Desktop challenge, Inspiration challenge dan Templates, jadi linknya semua aku sertakan, Kalau sudah selesai semua baru kita tulis TOTAL jumlah challenge yang kita ikuti untuk mendapatkan poin.


Selesai. Kayaknya langkahnya panjang ya... tapi kalau udah biasa mudah kok. Selamat ikutan challenge!

No comments:

Post a Comment